Menu Utama

Wednesday, January 15, 2014

Apa cita-citamu dulu Bu?

Apa cita-citamu dulu Bu?
Itu pertanyaan yang terlontar dari anak sulungku. Dan saya pun menjawabnya, "jadi guru".
Lantas dia bertanya lagi , "tercapai ngga Bu?"
Hmmm...sempat bingung juga jawabnya, kalau dijawab "ngga" takutnya anakku berpikir ngapain ibu dulu sekolah kalau cita-citanya ngga tercapai. Dijawab "iya" pun anakku ngga pernah liat ibunya ngajar di sekolah seperti guru-gurunya. Akhirnya aku berusaha menjelaskan dengan bahasa yang dimengerti anakku bahwa walaupun cita-citaku tidak tercapai seperti yang aku impikan sewaktu aku kecil, tapi aku mendapatkan hidup yang jauuuh lebih baik dari apa yang aku impikan.
Dulu aku begitu mengagumi sosok guru-guruku, sampai tertancap dalam hati bahwa aku ingin menjadi seperti mereka, mendidik dan mengajar anak-anak berbagai ilmu pengetahuan. Di tangan merekalah bibit-bibit generasi penerus bangsa belajar menjadi orang-orang yang berilmu dan beradab.
Tetapi jalan hidup mengarahkanku tidak menjadi guru formal di sekolah-sekolah, pilihan hidupku untuk menikah sebelum kuliahku rampung akhirnya menjadikanku seorang full time mother. Kecewa?? hmm tidak sama sekali. Seiring berjalannya waktu, bertambahnya usia, bertambahnya pengetahuan aku menyadari bahwa menuntut ilmu adalah hak setiap insan, baik itu laki-laki maupun perempuan. Tetapi menuntut ilmu itu bukan untuk mencari pekerjaan, apapun ilmu yang kita dapat pastikan ilmu itu bermanfaat dan berguna bagi diri kita maupun orang lain. Itulah yang berusaha aku capai setelah jalan hidup mengarahkan aku bukan menjadi guru formal sesuai cita-citaku sewaktu kecil. Dengan ilmu yang aku dapat sepanjang hidupku, aku tetap menjadi "guru" bagi anak-anakku, aku juga menjadi "guru" bagi anak-anak tempat aku mengabdikan diri di sebuah LSM kecil. Memang bukan guru yang mengajarkan ilmu-ilmu formal, tapi aku berusaha mendidik anak-anakku untuk menjadi pribadi-pribadi yang berbudi pekerti, yang tangguh menghadapi apapun tantangan hidup mereka kelak. Alhamdulillah Allah justru memberikan aku kehidupan yang jauh lebih baik dari apa yang aku cita-citakan. Membaca quote sebuah fanpage FB (https://www.facebook.com/IamMuslimAndProud) "when you educate a man you educate a man, but when you educate a women you educate a generation"
Jadi apakah cita-citaku tercapai...absolutely YES...aku adalah seorang ibu yang senantiasa menjadi "guru" bagi generasi penerusku, semoga kelak mereka pun bisa menjadikan ilmu yang mereka dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi dirinya maupun bagi orang lain..sehingga sampailah cahaya ilmu itu hingga di kehidupan abadi mereka kelak. aamiin... 



Related Post:

0 komentar:

Post a Comment